internet

Membuka Usaha Rental Studio Musik

 

Seiring berkembangnya dunia hiburan khususnya di jalur musik, membuka persewaan studio musik dapat memberikan prospek usaha yang cukup baik. Meskipun kebanyakan orang berfikir dua kali untuk membuka usaha ini, karena butuh modal lumayan besar hanya untuk membeli peralatan musiknya. Namun jangan salah, saat ini bisnis ini banyak dicari oleh calon pelanggan, karena banyak orang yang memiliki keterbatasan tempat dan uang untuk menyalurkan hobi mereka bermain musik. Sehingga, jika Anda memiliki pengetahuan dan ketrampilan dalam bermain musik, sangat cocok ketika Anda berniat membuka usaha ini.

 

Memang diperlukan banyak pertimbangan dan persiapan dalam membuka usaha ini. Persiapan lokasi, persiapan peralatan musik, pengelolaan, hingga persiapan mental Anda harus kuat dalam menjalani persaingan bisnis tersebut. Terlebih kebanyakan studio musik saat ini mulai menggabungkan berbagai usaha lain dalam satu atap pengelolaan bisnis ini, misalnya kursus musik, penyewaan alat-alat musik, dll, sehingga investasi pembelian alat musik dan tempat usaha dapat dimanfaatkan dengan baik.

 

Namun, jika Anda memiliki modal pas-pasan, terlebih dahulu Anda bisa membuka persewaan studio musik saja. Dan kemudian kedepannya Anda bisa menambah dan memperluas usaha dengan menambah ruang sewa studio musik tersebut dengan toko musik, menjual buku-buku musik, kursus musik, hingga kafe pendukung.

 

Beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum memulai bisnis ini antara lain:

 

1. Memiliki minat dan kegemaran dalam dunia musik, hal tersebut perlu dipertimbangkan agar tidak terlalu gaptek dengan perkembangan baru seputar dunia musik yang memang berjalan cepat.

2. Mencari tempat penjualan peralatan musik yang murah dan berkualitas, kemudian utamakan membeli peralatan musik yang standar digunakan seperti gitar, bass, drum, organ atau piano.

3. Bikin studio musik semenarik dan senyaman mungkin dan kedap udara. Karena semakin nyaman konsep dan ruangan studio musiknya, semakin betah pula pelanggan yang menyewa studio Anda

4. Konsep yang matang berkaitan dengan administrasi, biaya operasional, biaya pegawai, dll.

5. Mempersiapkan pengetahuan yang cukup tentang teknis peralatan musik, sehingga akan menghemat biaya perawatan alat.

6. Buatlah media promosi semenarik dan seluas mungkin, misalnya brosur, kemudian disebarkan di lingkungan anak sekolah, kampus, karena kebanyakan pelanggan studio musik seumuran mereka.

 

Dari segi pengelolaan, Anda juga harus pintar-pintar mempertahankan eksistensi usaha Anda agar dapat berkembang dengan baik. Beberapa tips yang perlu diperhatikan antara lain:

 

1. Mempersiapkan konsep dan rencana bisnis yang matang dan sebaik mungkin agar modal yang Anda investasikan tidak sia-sia.

2. Selalu cek dan ricek peralatan music yang disewakan, ketahui juga penggunaannya agar jangan sampai ada pelanggan yang tak bertanggungjawab merusak peralatan musik tersebut.

3. Jika dimungkinkan, Anda bisa memasang kamera pengintai dalam studio, sehingga dapat diketahui dengan jelas tentang penggunaan alat-alat musik tersebut.

4. Aturan yang jelas berkaitan dengan harga sewa, kapasitas orang yang masuk ke dalam studio, aturan penggunaan alat.

5. Memberikan pelayanan/ service yang terbaik kepada pelanggan.

6. Selalu up date perkembangan peralatan yang terbaru agar tidak dicap ketinggalan jaman.

7. Memberikan fasilitas tempat kendaraan pelanggan yang aman. Agar pelanggan tidak merasa was-was ketika sedang menyewa studio musik Anda.

 

Analisa Ekonomi Bisnis Rental Studio Musik

 

Perkiraan Investasi:

 

– Renovasi tempat                               : Rp.  20.000.000,-

– Peralatan dan Sound System                    : Rp.  50.000.000,- +

Total perkiraan investasi                         Rp.  70.000.000,

 

 

Perkiraan Biaya Operasional:

– Biaya listrik                                 : Rp.   1.000.000,-

– Gaji karyawan                                 : Rp.   1.500.000,- +

Total Perkiraan biaya operasional                 Rp.   2.500.000,-

 

 

Asumsi pendapatan/ bulan:

(Dengan rata-rata 5 jam latihan dan 3 jam rekaman per hari)

– ((5 X Rp 30.000,00) + Rp 150.000,00) X 30 = Rp 9.000.000,-

 

 

Laba kotor :

– Rp 9.000.000,- – Rp. 2.500.000,-              = Rp 6.500.000,-

 

Kesimpulan : BEP akan tercapai setelah 11 bulan beroperasi atau kurang dari setahun

 

Diolah dari berbagai sumber

 

 

Bagi Anda yang memiliki pengetahuan dan ketrampilan dalam bermain musik, rasanya pas banget jika Anda berniat membuka usaha ini. Tidak harus Anda fasih dalam memainkan alat-alat musik sih… Lagipula, bila Anda memiliki lahan / tempat cukup dirumah Anda (misal halaman depan/samping rumah) bisa Anda manfaatkan untuk tempat studio musiknya. Hemat biaya lokasi bukan??

 

Pada umumnya, usaha ini memang tidak berdiri sendiri, namun bergabung dengan usaha lainnya seperti kursus musik, sehingga investasi pembelian alat musik dan tempat usaha dapat dimanfaatkan.

 

TAHAP PERSIAPAN & MODAL

 

* Setidaknya Anda memiliki minat/kegemaran di dunia musik, sehingga Anda tidak terlalu gaptek jika ada perkembangan baru seputar dunia musik.

* Carilah tempat penjualan alat musik yang murah dan berkualitas baik.

* Utamakan membeli peralatan musik yang standar digunakan diantaranya : gitar, bass, drum, organ/piano.

* Siapkan biaya untuk renovasi tempat studio, buat semenarik dan senyaman mungkin dan kedap udara. Karena dengan tempat yang nyaman, pelanggan akan merasa betah sehingga akan memperpanjang waktu sewa mereka.

* Biaya operasional kerja, seperti kebutuhan untuk administrasi, biaya listrik, biaya pemeliharaan alat, gaji pegawai dsb.

* Pengetahuan teknis tentang peralatan musik, dapat menghemat biaya perawatan alat musik Anda. Jika saja pengetahuan Anda pas-pasan, paling tidak Anda memiliki tenaga / tempat servis yang dapat dipercaya untuk mengatasi kerusakan/gangguan pada peralatan.

* Buatlah brosur semenarik mungkin, dan sebarkan di lingkungan anak-anak sekolah (SMP/SMU) dan lingkungan kampus karena kebanyakan pengguna studio musik adalah seusia mereka.

 

 

TIPS MENJALANKAN USAHA

 

Dalam menjalankan sebuah usaha, tentunya Anda harus pintar-pintar dalam mengelola dan mempertahankan eksistensi usaha Anda agar dapat berkembang dengan baik. Berikut tips dari saya mengenai usaha studio musik ini..

 

* Buat rencana bisnis ini dengan matang dan sebaik-baiknya sebelum Anda memulainya. Anda tidak mau modal Anda yang cukup besar ini sia-sia bukan??

* Selalu perhatikan alat-alat musik yang Anda sewakan, ketahui juga penggunaannya. Jangan sampai ada pelanggan yang tak bertanggungjawab merusak peralatan Anda.

* Anda bisa memasang kamera pengintai dalam studio, sehingga tenaga operator Anda dapat selalu mengawasi penggunaannya.

* Buatlah aturan penyewaan studio musik. Baik sewa harga per-jamnya, kapasitas orang yang boleh masuk ke studio, aturan di dalam studio dll.

* Berikan pelayanan yang terbaik pada semua pelanggan.

* Seiring waktu, lengkapi peralatan yang terbaru dan digemari.

* Berikan fasilitas tempat kendaraan pelanggan yang aman. Agar pelanggan benar-benar puas terhadap pelayanan studio musik Anda.

 

 

Teknik marketing untuk studio musik ini bisa anda baca di : (http://www.peluangusaha.web.id/2010/01/teknik-marketing-untuk-studio-musik.html)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: